Selasa, 12 Mei 2015

Ditipu Panggilan Interview (PHP lagi)

Diposting oleh nana di 5/12/2015 08:19:00 PM
Udah tau dong ini bakal ngomongin apa. Sebenernya kasus kaya beginian udah nggak asing lagi lah ya. Tingginya SDM yang Indonesia punya dan  terbatasnya lapangan kerja jadi kombinasi yang sempurna banget buat orang-orang nggak mikir panjang demi dapat kerjaan. Kurang dihargainya kepintaran oleh pemerintah dan lemahnya iman orang-orang pintar membuat mereka lebih memilih bisnis tipu-tipu daripada bisnis beneran. Padahal harusnya sih mereka bisa. (Omongan pebuka ini berat banget, Saya sampe mual dan pusing nulisnya.)

Jadi gini, niatnya mau bagi pengalaman aja sih. Siapa tau, siiiapa tau barangkali bermanfaat yess.

Kemaren, tanggal 12 Mei 2015 saya dapat undangan interview lewat e-mail. Udah seneng banget tuh, sampe gemeter. Aduh bener nggak sih dari sini mulainya cerita. Ulang dari awal deh. Agak panjang ya. Gini...

Beberapa minggu yang lalu saya dapet sms dari nomor tidak dikenal, smsnya bilang gini, "PERUM PERURI membuka banyak lowongan, cek di www.recruitment-perumperuri.com " Tanpa pikir panjang saya langsung cek ke itu website. Free waifai and free akses internet maannss :D. Ternyata bener. Disitu websitenya khusus rekrutmen emang, dari syarat dan ketentuan pelamar, samapai tahapan seleksi ada disitu. Niat banget deh pokoknya. Cek aja deh, websitenya masih ada. Sempet terlintas dipikiran. Ini PERUM PERURI harus ya bikin website khusus buat ngumumin lowongan. Karena emang cukup meyakinkan, langsung saya catat persyaratannya apa aja, kemudian saya siapin tuh.

Semua persyaratan saya udah siapin. Tinggal kirim. Lamaran dikirim via online, saya nggak curiga sih, lagian emang lebih gampang ngirim via e-mail. murah, cepat. :D Sempet nemu kendala, karena disitu mintanya format pdf, kudu meng-convert dulu file yang udah saya siapin tadi. Udah di convert ke PDF, timbul masalah lagi. Itu PDF ukurannya terlalu gedhe. Secara Persyaratannya lumayan banyak, kudu menyertakan hasil scan ijazah, transkip nilai, sertifikat, dan laen-laen. Saya bingung kudu diapakan. Coba searching deh tuh "cara mengecilkan..." emmm.. nggak yakin ini bakal ada, jangan-jangan yang muncul nanti cara mengecilkan yang laen. saya lanjut ngetik, "...ukuran PDF". Udah nggak usah diketawain keyword yang saya tulis. Nyatanya ada, eh banyak artikel yang muncul. Seneng tuh saya. akhirnya saya diarahkan ke berbagai aplikasi, online maupun nggak online. Mulai dari smallpdf.com, sampe Nitro Pro 7 saya coba. Seeeharian saya nyoba sampe hampir semaput. Tapi itu pdf nggak bisa mengecil sesuai dengan yang diminta. Saya mulai putus asa, oke, lanjut besok.

Tenang, cerita masih panjang. HHaa akhirnya saya nemu aplikasi online ajaib. Dia bisa mengecilkan ukuran PDF lebih dari 50%. Keren... setelah saya searching dengan keyword pdf compressor akhirnya dari sekian banyaknya aplikasi online saya menemukan www.compress-pdf.co.uk. Pada pake aplikasi ini deh kalau mau ngecilin ukuran pdf. ini nggak promosi, saya nggak dapat bayaran maann. Akhirnya terkirim deh tuh lamaran.

Nah, sampai pada tanggal 12 Mei kemaren saya mendapatkan wahyu Ilahi. Eh bukan, saya dapet undangan interview. Gini penampakannya.
Ada nama saya juga nih, pas nerima ini nggak curiga apa-apa sih. Cukup meyakinkan emang, tuh surat ada materainya jugak.


Disitu tertera bahwa tes saya akan diadakan tanggal 15 Mei 2015, dan tes diadakan di Jakarta Selatan. Iya, bener. Semendadak itu. Saya panik dong, secara saya berada di kota kecil nun jauh dari tuh Jekardaah. Mikirin dana, mikirin transportasi, sampai mikirin gimana caranya reservasi hotel buat nginep entar. Sampai searching-searching nggak karuan. Padahal di surat undangannya juga udah ada travel yang diajak kerja sama. Tapi karena saya oon dan ingin hemat, pikiran saya langsung "naik kereta" aja. Saya baca ituh undangan berulang-ulang sambil mikir ginama caranya saya bisa menghadiri interview itu. Secara kerja di PERUM PERURI, mindset saya udah enak aja. Padahal sekarang saya juga udah kerja. Bosen liat rute kereta api dan nggak paham-paham, saya mulai searching.. ini beneran nggak sih panggilan ini.

Sampai pada akhirnya saya menghubungi contak person untuk konfirmasi kehadiran interview. Gitu aja saya ngirim konfirmasi kehadirannya abis sholat ashar, semacam dapat bisikan dari Tuhan kali yess. Dari situ kebenaran akan segera terungkap. Dari situ langsung dapat balasan kalau saya disuruh menghubungi agen travel. Oke, si agen travel saya sms-in, eh.. saya disuruh telephon. Sambil masih browsing. Ketemu deh sama website resmi si peruri. www.peruri.co.id. Disitu tertulis bahwa, website resmi perum peruri hanya ini, website lain yang mengatas namakan perum peruri dan memuat konten yang mirip sama sekali bukan Perum peruri, dan Perum Peruri tidak bertanggung jawab atas isi dari website tersebut." Fixed. Ini penipuan.

Saya coba telephon dan benar, ujung-ujungnya saya disuruh transfer duit. Saya akhiri baik-baik percakapan kami, dan saya sudahi hubungan yang tidak sehat ini. Apa-apaan belum juga ketemu, udah mau tipu-tipu.

Emmm.. Emang PERUM PERURI apaan sih?

Hmmm... ini pertanyaan yang cukup sering saya tangkap setelah saya cerita tentang si peruri ini. Jadi apa sih perum peruri? Halah.. itu tuh, perusahaan percetakan uang Indonesia. Ya.. yang menciptakan uang yang kamu agung-agungkan itu ya si peruri ini. Pokoknya gitu deh.

Oiya.. jadi inget. Jadi diantara posisi lowongan yang ada, saya memilih posisi Staff Pengembangan Produk. Sempet mikir sih, ini kalau di peruri kerjaan sebagai Staff Pengembangan Produk, apanya yang mau dikembangin? Kan produknya itu-itu aja. Duit, Duit, dan Duit. Apa duit mau ditambah rasa-rasa, biar bisa dimakan. Atau duit di bikin warna-warni biar lebih menarik dan banyak yang mau. Ehhh itu sudah dilakukan ding duit warna-warni.. makanya saya juga suka duit :D Ehhh keceplosan.

Ahsudahlah...

Jadi, saya mau bagi-bagi tips biar nggak ketipu lowongan bodong, khususnya lowongan tersebut dari internet.
  • Pastikan lowongan tersebut kamu dapat dari website resmi perusahaan. Jangan kaya saya yess, mentang-mentang kesenengan, nggak memastikan dulu, bahkan nggak ngabarin temen-temen kalau ada lowongan.
  • Kalau udah sampai tahap panggilan interview, cek, apakah alamatnya benar. Kalau kasus saya ini alamatnya sih beneran alamat PERUM PERURI, yaiyalah.. penipuannya terjadi jauh sebelum saya akan sampai pada alamat tersebut. Tapi nomor telepon kantornya berbeda dari yang saya dapat dari website resminya si perum peruri.
  • Jangan malu menanyakan hal yang kamu anggap ganjil. Saya menanyakan ke tukan travelnya, apakah ada website travelnya, dia bilang lagi offline, karena khusus melayani peserta calon karyawan peruri. Hellooow... sebego itukah sampai harus offline?! Berapa sih pendapatan dari calon peserta seleksi sampai harus offline.
  • Cek artikel tentang penipuan berkedok lowongan pekerjaan.
Hikmah atas kejadian ini?
  • Syukuri apapun pekerjaan kamu sekarang. Gaji kecil? syukuri. pokoknya syukuri.
  • Jangan mudah percaya. Di dunia ini cuma Tuhan dan diri kamu sendiri yang bisa kamu percaya.
  • Lebih waspada. Iya itu...
  • Saya tahu gimana cara reservasi hotel, meskipun cuma baca doang.
  • Saya tahu nama-nama stasiun yang ada di Jekardah.
  • Emm.. saya mulai berpikir kalau saya punya bakat jadi detektif B)
Oke saya sadar tulisan saya ini udah kaya novel Saya juga udah mulai pusing nulisnya. Sekian dari saya, Salam Jomblo! :D




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah menghibur, hehe

Posting Komentar

 

GOLONGAN DARAH AB Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review