Kamis, 26 Maret 2015

Tentang Raport Merah Jokowi

Diposting oleh nana di 3/26/2015 07:53:00 PM
Kalau ngomongin tentang pak Jokowi, pasti pada nyangka kalau saya bakal ngomongin politik. Tidak temans. Tenang. Tapi ini serius. Nggak pake bercanda, nggak pake absurd, nggak pake cabe-cabean.

Saya buta politik. Yang saya nilai apa yang saya lihat. Keikut sertaan saya dalam berpolitik hanya ketika ikut berpartispasi dalam pemilihan umum. Baik waktu pemilihan presiden, atau pemilihan umum lainnya karena kebetulan tahun 2014 kemaren pertama kali saya bisa nyoblos. Kan fenomena. Jadi seneng aja bisa ikutan berpartisipasi. Bisa poto-potoin TPS-nya, poto-potoin kelingkin yang kena tinta, terus upload deh ke Instagram. Hhaaa

Kenapa kok tiba-tiba ngomongin kaya beginian? Jadi sebenernya pagi ini udah niat banget bikin review flm PK yang baru saya tonton semalem karena menurut saya tuh film nyentil isu dunia banget. Jadi kenapa kok banting setir ke hal-hal yang berbau sara... ehh politik ini karena diawali dengan pagi ini seperti biasanya cek recent updates kontak BBM, kali aja mantan udah putus sama pacar barunya, atau ada baju model baru yang kece di barisan pemberitahuan itu.

Tapi Enggak, ada salah satu Display Picture yang menarik perhatian saya. Nggak sempet nge save, dan dicari lagi udah ganti lagi DP-nya. SUngguh labil juga yang upload. Kurang lebih DP-nya bahas tentang beginian:

Sekali lagi saya buta politik. Yang saya liat ya itu yang saya nilai. Inget banget petuah dosen akuntansi saya, Ibu Lantip, bahwa kita hanya perlu menilai apa yang tampak, dan untuk hal-hal yang tidak nampak, maka itu adalah urusannya dengan Tuhan. Itu yang saya pegang.

Entah karena pencitraan Pak Jokowi Bener-bener berhasil, atau berbagai media yang semakin kreatif membungkus apalah-apalah tentang Pak Jokowi ini, tapi saya seperti merasakan bahwa Pak Jokowi benar-benar sederhana, pekerja keras, talk less do more, dan mencintai keluarga. Itu dulu. 

Jujur temans, saya bukan pemilih Pak Jokowi waktu Pemilu tahun lalu. Karena sudah barang tentu seorang pemimpin bakal di salah-salahin kalau keadaan negaranya kacau. Padahal Indonesia kan emang udah kacau ya sebelum Pak Jokowi memimpin? Kasian aja orang seperti Pak Jokowi yang terlihat tulus itu di jelek-jelekin banyak orang, dihujat, di demo. Ah saya tidak sanggup. Bahkan waktu itu sampai kebawa mimpi kalau Pak Jokowi di demo. Berarti saya cinta banget kan ya?

Sejauh ini saya nggak keberatan dengan kebijakan Pak Jokowi. Kenapa? Waktu bensin naik harga, saya belum kerja. Dan itu bikin saya berpikir lagi buat jalan-jalan nggak penting pake kendaraan yang makan bensin. Hikmahnya: saya seneng naik sepeda, dan lebih hemat. Saya nggak tahu kebijakan yang lainnya karena memang saya buta politik dan nggak mau tahu juga. Biarin. Bodoamat.

Saya mulai sadar beberapa hari ini sih. Media udah nggak ngumbar-ngumbar lagi kegiatan Pak Jokowi. Mungkin mereka juga ikutan ngasih rapor merah ke Pak Jokowi? Saya nggak tahu.

Jadi menanggapi fenomena ini, saya prihatin temans. Saya curiga sebagian besar dari mereka yang demo-demo itu udah disiapin jauh-jauh hari. Mereka kali aja memang nunggu kesalahan-kesalahn Pak Jokowi buat di demo in. Toh kebanyakan yang demo kan para mahasiswa tuh. Mahasiswa kan harusnya sibuk kuliah ya. Kok mereka sibuk demo? Terus bolos kuliah dong? Apa dosennya nggak gondok ya? Ahsudahlah. Biar Tuhan yang menilai yang tidak tampak itu.

Apalagi selisih suara pemilu tahun lalu tidak mencapai 5%. Kan sedikit banget. Sudah tentu kalau yang tidak mendukung Pak Jokowi dari awalm hampir setengah penduduk di Indonesia in. Ya, kecuali 40% diantara mereka berpikiran kaya saya sih.

Saya curiga Masih ada sebagian masyarakat yang sengaja memilih pemimpin buat disalah-salahin ketika dia merasa tidak sejahtera, tidak bisa-bersenang-senang, dan miskin terus-terusan. Dari dulu kan begitu. Mana ada presiden yang bikin rakyatnya semua kaya? Nggak ada. Jadi gini temans, semua pekerjaan akan berhasil dengan team work yang baik. Bukan satu negara ini satu tim? Jadi harusnya kita kerja sama. Contohnya, masyarakat ingin jalanan bebas macet. Tapi satu orang satu kendaraan. mending kalau motor doang. ada yang mobil, ada yang satu orang satujet pribadi. ehhh. Orang-orang banjir tanah longsor ngeluh, tiap korban yang diwawancara pasti bilangnya gini, "sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah". Lucu aja dengernya. It's just me atau itu memang lucu, bodoamat. Nah dipikir yang buang sampah dikali dan nebangin pohon di hutan sembarangan pemerintah? Bukan kan!

Jadi maksud saya gini. Kita nggak bisa serta merta nyalahin pemerintah. Peraturan pemerintah, kalau ada yang dianjurkan, jalani dulu. Kalau ada larangan, ya jangan dilakukan dulu. Jangan cuma demo-demo nggak jelas. Banyak kok cara supaya suara kita lebih di denger pemerintah. Caranya: Jadidalh pemuda yang berprestasi man! Jadilah pemuda yang kreatif, jadilah pemuda yang tangguh dan jangan dikit-dikit ngeluh.Nah Buat Pemerintah, jangan juga cuma buat peraturan. Liat juga dong Pemerintah, apa peraturan itu bener-bener efektif, atau cuma memberatkan rakyat. Kalau kita bisa kerjasama, kan keren.

Oke, saya sadar tulisan ini nggak bermanfaat. cuma ya itu tadi. saya prihatin sama mental kita yang cenderung mengeluh dan menyalahkan orang lain. Padahal banyak hal yang bermanfaat yang bisa kita lakukan contohnya nge blog kaya gini. (ECIEEEE). Sudah dulu muter-muternya saya tau kamu lelah. saya juga. Mari, merenung yuk :D

2 komentar:

tsiwigar mengatakan...

tulisan seberat 5 kilo ini bikin aku ngelap kringet bacanya. tapi, hashtag bijak lah, hashtag prokprok juga

nana mengatakan...

daripada jadi jerawat dan mukaku tak cantik lagi :D hhaaa

Posting Komentar

 

GOLONGAN DARAH AB Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review